Rabu, 15 September 2010

Fakta dari Mamberamo Hulu

Distrik Mamberamo Hulu dengan Ibukota Dabra merupakan suatu wilayah yang terletak dipinggiran anak sungai Mamberamo –Taritatu dibawah kaki gunung Van Rees dan Pegunungan Jayawijya.Posisi Geografis terletak pada  03° 16.199’ LS dan 138° 36.906 BT   dengan elevasi  43 m dpl . Luas 3,748 Km2  ( data Papua dalam angka tahun 2007 )
Merupakan bagian Administratif pemerintahan dari Kabupaten Mamberamo Raya yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Sarmi melalui UU no 19/2007 Pembentukan Kab. Mamberamo Raya.
Secara administratif Distrik Mamberamo Hulu termasuk dalam Kabupaten Mamberamo Raya dengan ibukota Dabra.  Sedangkan batas-batas wilayah Distrik Mamberamo Hulu adalah : - Sebelah utara : Distrik Mamberamo Tengah dan Distrik Tor Atas - Sebelah selatan : Kabupaten Jayawijaya - Sebelah timur : Distrik Paniai Timur - Sebelah barat : Kabupaten Yapen Waropen
Jenis tanah merupakan bagian dari Hutan Tropis basah yang curah hujan cukup tinggi dengan banyak telaga-telaga kecil sehingga menghasilkan banyak lahan basah disekitarnya.
Mata pencaharian rata-rata penduduk asli Papua adalah menangkap ikan,memburu buaya,dan petani tradisional. Kepercayaan masyarakat pada umumnya Kristen Protestan.
Telah terdapat Fasilitas Umum seperti PUSKESMAS ,Sekolah dan Pasar tetapi belum berjalan secara maksimal.
Pemerintah Distrik sendiri tak berada di tempat dan tidak terdapat pelayanan bagi masyarakat khususnya untuk kebutuhan KTP maupun akte kelahiran dan surat penting lainnya bagi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar